Media Pembelajaran Tiga Dimensi

Ditulis oleh:
Berikut merupakan artikel mengenai Media Pembelajaran Tiga Dimensi. Silahkan disimak!

Pembelajaran bertujuan untuk membangun pengalaman belajar peserta didik dengan berbagai keterampilan proses sehingga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Agar pelaksanaan pembelajaran tersebut berjalan dengan baik sehingga tujuannya tercapai, maka diperlukan alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru yang biasa disebut media pembelajaran. Salah satu jenis dari media pembelajaran yaitu media pembelajaran tiga dimensi.

Media tiga dimensi merupakan sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensional. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli baik hidup maupun mati, dan dapat pula berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya. Misalnya: kubus struktur, bumbung substitusi, rotation, model, specimen, mock-up, diorama, rod puppet (boneka panggung), penggunaan benda nyata.

Kelebihan dari media tiga dimensi antara lain: desain yang menarik dapat menambah keindahan dan daya tarik, dapat dipakai berulang-ulang, dan dapat melukisakan bentuk dan keadaan sebenarnya. Sedangkan kekurangan media tiga dimensi antara lain: biasanya hanya baik untuk kelompok kecil, perlu keahlian dan ketrampilan dalam membuat model, dan ada beberapa model yang sulit dibuat dan mahal.

-Kubus Struktur
Kubus struktur yaitu kubus yang terbuat dari kayu ataupun karton. Pada keenam sisinya bertuliskan kata-kata tertentu. Kubus structural ini dapat digunakan untuk bidang studi selain bahasa Indonesia, yaitu: dalam bidang studi bahasa inggris, bahasa arab, matematika (dalam operasi bilangan).

-Bumbung substitusi
Bumbung subtitusi berupa bumbung panjang yang pada bagian luarnya dilapisi karton manila yang dapat diputar (misal empat karton). Penggunaan media ini pada prinsipnya sama dengan kubus struktur.

-Rotatoon (Rota= putaran dan toon= pertunjukkan)
Rotatoon berupa rangkaian gambar yang berkaitan satu dengan lain ( seperti flip chart) yang penyajiannya dengan memutar tombol pemutar sehinggga gambar akan berganti sesuai dengan yang dikehendaki.

-Model
Model adalah media yang mewakili benda sebenarnya. Suatu model mungkin lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan benda aslinya.

-Specimen
Specimen merupakan media yang merupakan bagian atau pecahan dari benda sebenarnya (atau contoh). Misalnya: pecahan gelas, contoh daun, contoh uang, dsb.

-Mock–up
Media yang berupa bagian benda yang ingin ditunjukkan cara kerjanya. Misalnya; guru akan mengajarkan tentang mesin pembangkit tenaga listrik, maka guru cukup memperlihatkan salah satu bagian yang perlu diterangkan dengan membuat tiruannya ke dalam kelas.

-Diorama
Diorama adalah sebuah pemandangan tiga dimensi mini yang bertujuan menggambarkan pemandangan sebenarnya. Diorama biasanya terdiri atas bentuk-bentuk sosok atau obyek-obyek ditempatkan di pentas yang berlatar belakang lukisan yang disesuaikan dengan penyajian.
Contoh-contoh penggunaan diorama, yaitu :
•Penggambaran saat-sat penemuan besar
•Peristiwa bersejarah
•Ilmu bumi ; interior gua, hutan, binatang tiruan, dsb
•Hasil produksi pabrik dan perindustrian
•Adegan cerita, peristiwa pokok dari suatu cerita yang menceritakan urutan kejadian.

-Rod Puppet (Boneka Panggung)
Boneka (marionette / bahasa perancis) ada dua, yaitu: 1) tubuh yang dihubungkan dengan lengan, kaki dan badannya, digerakkan dari atas dengan tali atau kawat kawat halus. 2) Boneka yang digerakkan dari bawah oleh seseorang dengan tangannya masuk ke bawah pakaian boneka (wayang golek / sunda).

-Penggunaan Benda Nyata
Menggunakan benda nyata atau makhluk hidup (real life materials) dalam pembelajaran sering kali paling baik, karena siswa akan dengan tepat memperoleh pengalaman nyata. Penggunaan benda nyata perlu mempertimbangkan 1) apakah memungkinkan dimanfaatkan dalam kelas secara efisien, 2) bagaimana caranya agar benda nyata sesuai dengan pola belajar siswa, 3) dari mana sumbernya benda nyata digunakan.

Sekian artikel mengenai Media Pembelajaran Tiga Dimensi.
Lihat juga:
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar
0 komentar "Media Pembelajaran Tiga Dimensi", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment