Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar

Ditulis oleh:
Berikut merupakan artikel mengenai Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar. Silahkan disimak!

Menulis merupakan keterampilan dasar yang harus dibelajarkan dan dikuasai oleh siswa SD. Dengan menulis, siswa dapat menuangkan ide, pikiran, dan perasaan ke dalam bahasa tulis. Dalam pembelajaran sastra di sekolah dasar, siswa diajak untuk mengungkapkan ekspresi, keinginan, dan pengalamannya yang ditampilkan dalam bentuk karya sastra yaitu puisi. Puisi yang ditulis oleh siswa dapat bersifat imajinatif, intelektual, dan emosional.

Faktanya, masih banyak siswa yang mengalamai kesulitan dalam menulis puisi. Kesulitan tersebut antara lain: siswa sulit untuk menuangkan ide atau gagasan yang dimiliki dalam bentuk puisi, dan pemanfaatan media dan kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan minat dan semangat siswa dalam pembelajaran menjadi kurang dan hasilnya tidak maksimal.

Oleh karena itu, maka diperlukan metode pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan agar dapat membuat siswa lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk merangsang keterampilan siswa dalam menulis puisi adalah menggunakan media gambar.

Media gambar merupakan salah satu media yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Media gambar dapat merangsang siswa untuk memberikan imajinasi dan membuat siswa untuk bertindak kreatif dalam penulisan puisi. Media gambar juga dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses belajar mengajar.

Berdasarkan paparan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan keterampilan menulis puisi dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa. Peningkatan tersebut antara lain, kemampuan menentukan tema puisi yang sesuai dengan gambar, memilih kata (diksi) yang baru dan kreatif, menggunakan rima yang tertata, dan menggunakan majas.

0 komentar "Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment