Jenis Pembelajaran Terpadu Ditinjau dari Sifat Materi yang Dipadukan

Ditulis oleh:
Berikut merupakan artikel mengenai Jenis Pembelajaran Terpadu Ditinjau dari Sifat Materi yang Dipadukan. Silahkan disimak!

1. Pembelajaran terpadu intra bidang study

Pembelajaran terpadu dikatakan intra bersifat intra bidang study yaitu jika yang dipadukan adalah materi-materi (pokok bahasan/ sub pokok bahasan, konsep/ subkonsep, keterampilan atau nilai) dalam satu bidang study.

Dikatakan dalam satu bidang study, maksudnya yaitu materi/ pokok bahasan yang dipadukan masih dalam lingkup bidang study tersebut atau dengan kata lain masih dalam satu bidang study.

Contoh:
Pada pembelajaran terpadu intra bidang study Bahasa Indonesia, merupakan suatu pembelajaran yang memadukan keterampilan atau nilai yang relevan dan masih dalam satu bidang study Bahasa Indonesia. Misalnya pada saat pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu memadukan antara keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis.


2. Pembelajaran terpadu antar bidang study

Pembelajaran terpadu dikatakan antar bidang study yaitu pembelajaran terpadu yang memadukan konsep/ subkonsep, pokok bahasan/ subpokok bahasan bidang study yang satu dengan bidang study lainnya. Berbeda dengan pembelajaran intra bidang study, jika pada pembelajaran terpadu antar bidang study, materi yang dipadukan lebih luas. Artinya tidak hanya dalam satu bidang study saja, melainkan memadukan dengan lain bidang study.

Misalnya: pembelajaran terpadu antar bidang study Matematika dan IPA, yaitu suatu pembelajaran yang memadukan pokok bahasan yang masih relevan antara Matematika dan IPA.

Sekian artikel mengenai Jenis Pembelajaran Terpadu Ditinjau dari Sifat Materi yang Dipadukan.
Lihat juga:
Pengertian, Ciri, Kelebihan, dan Kekurangan Pembelajaran Terpadu
0 komentar "Jenis Pembelajaran Terpadu Ditinjau dari Sifat Materi yang Dipadukan", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment